Tuesday, October 17, 2023

Penyusunan Draft Peraturan Bupati tentang Kesehatan Reproduksi

Dokumentasi WCC Jombang


 

Buah perjuangan panjang gerakan WCC Jombang bersama Aliansi Inklusi Jombang dalam mewujudkan perlidungan bagi masyarakat, khusunya usia remaja adalah mendorong lahirnya Peraturan Bupati tentang Kesehatan Reproduksi, dengan harapan dari adanya Peraturan Bupati tersebut remaja bisa mendapatkan edukasi tentang kesehatan reproduksi dan seksual sejak dini, dan mampu menekan angka kasus kekerasan seksual yang banyak terjadi. Berdasarkan data WCC Jombang sepanjang kurun waktu 2020 - 2021 sebanyak 122 kekerasan seksual 70% di antaranya adalah korban dengan usia remaja.

Diagram Data Kasus Kekerasan Seksual Usia Remaja 2020 - 2022



 

Data diatas adalah jumlah kasus Kekerasan Seksual yang dialami oleh remaja dengan relasi atau hubungan antara korban dan pelaku adalah pacar/teman dekat, pada tahun 2020 dari 27 kasus 10 korban mengalami kehamilan/KTD (Kehamilan Tidak Di inginkan), lalu pada tahun 2021 sempat terjadi penurunan meskipun tidak terlalu signifikan sebanyak 26 kasus 7 korban mengalami kehamilan/KTD dan sebanyak 5 kasus yang akhirnya berujung pada upaya aborsi tidak aman. Pada tahun 2022 data kembali mengalami peningkatan yaitu sebanyak 33 kasus 12 korban mengalami kehamilan/KTD dan 7 diantaranya melakukan upaya aborsi tidak aman.

Oleh karena itu WCC Jombang bersama jaringan Aliansi Inklusi Jombang yang terdiri dari kelompok remaja, orang muda dan CSO (Civil Society Organization) sepanjang tahun 2023 telah melakukan berbagai upaya advokasi yaitu hearing dengan anggota DPRD Kabupaten Jombang serta penyusunan Peraturan Bupati tentang Kesehatan Reproduksi.

Dalam rapat penyusunan Peraturan Bupati tersebut WCC Jombang juga melibatkan beberapa OPD (Organisasi Pemerintah Daerah) yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas PPPAKB, DPMD, Kemenag, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jombang, Bappeda, Bidang Hukum Pemkab Jombang. Usulan Peraturan Bupati tersebut di usung oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang.

Perjuangan tersebut telah membuahkan hasil, pada tanggal 20 September 2023 Peraturan Bupati tentang Kesehatan Reproduksi telah disahkan dan ditetapkan oleh Bupati Jombang Munjidah Wahad dengan nomor 103 tahun 2023. Salinan Peraturan Bupati tersebut silahkan download disini.